DIY Waterproof DC motor


Buat pencinta water vehicle, hal yang seringkali menjadi kesulitan adalah membuat waterproofing motor yang difungsikan sebagai thruster atau motor penggerak. Kali ini saya akan berbagi pengalaman bagaimana cara waterproofing motor dc dengan peralatan yang mudah kita temukan di rumah kita sendiri. 

Peralatan yang dibutuhkan adalah :
1. Brushed DC motor
2. Plocksock 1" to 3/4"
3. Lilin
4. Hot Glue
5. Grease Bearing
6. Isolasi 


Lapisi dc motor dengan isolasi untuk proteksi pertama body motor kemudian hubungkan kabel pada motor, kemudian lapisi shaft motor dengan menggunakan Grease bearing atau biasa disebut gemuk


Persiapkan housing untuk tempat motor disini saya pergunakan plocksock 1" to 3/4"


Persiapkan pula impeler, dalam hal ini saya membuat impeler dari pipa pvc bekas


Cobalah motor dimasukkan pada housing untuk memastikan agar motor tidak terlalu goyang dan pas dengan housing ini bisa dilakukan dengan menambah lapisan isolasi agar motor benar benar pas masuk pada housing


Jika sudah sesuai lapisi bagian belakang motor dengan grease bearing kemudian panaskan lilin pada tempat bekas minuman kaleng hingga mencair kemudian tuangkan pada housing.


Untuk bagian depan motor lapisi bagian shaft dengan grease bearing, kemudian lapisi dengan hot glue, namun pastikan anda tidak sampai melapisi bagian shaft yang dapat menghambat perputaran motor atau bahkan tidak dapat berputar . Jika telah selesai pasangkan impeler pada motor, dan coba jalankan motor di dalam air.







Seperti inilah saya membuat waterproof dc motor untuk thruster atau motor penggerak. semoga bermanfaat.

DIY Waterproof DC motor DIY Waterproof DC motor Reviewed by cahyohertanto on October 01, 2016 Rating: 5

No comments:

close