Gauge meter for IOT

Pernah dengar Gauge, Gauge biasanya berupa display yang biasanya dipergunakan untuk menampilkan tegangan, temperature, ampere dan sebagainya secara fisik seperti gambar berikut ini.



 Sumber gambar : http://www.wemausa.com/gauges/voltmeter.shtml#.WFyY0LkdTIU

 
Apabila bentuk tersebut diterapkan pada website yang kita pergunakan untuk membaca sensor tentunya akan sangat menarik sekali. Pada webpage hal ini dapat diterapkan dengan menggunakan fungsi canvas untuk menampilkan chart, namun kita perlu mencari bentuk chart yang sesuai dengan selera kita yang pada umumnya menggunakan java script. Beikut ini adalah salah satu sumber yang saya pergunakan sebagai contoh untuk menampilkan data sensor dari database yang saya buat sendiri. Link untuk chart ini  adalah https://github.com/Mikhus/canvas-gauges pada github ini disertai pula dengan contoh contohnya tentu saja akan mempermudah kita dalam penerapannya. Ini adalah contoh yang saya pergunakan, namun tentunya saya lakukan modifikasi agar dapat menampilkan bentuk yang sesuai dengan keinginan saya dan agar dapat menampilkan data dari database.



Berikut ini  adalah tampilan dari hasil modifikasi saya untuk dapat membaca database dan menampilkan tampilan gauge sesuai dengan data dari database.

 






Untuk membuat tampilan seperti ini dibutuhkan pengetahuan mengenai database mysql,php,html, dan java script. 

Semoga bermanfaat
Happy Coding...
Gauge meter for IOT Gauge meter for IOT Reviewed by cahyohertanto on December 23, 2016 Rating: 5

3 comments:

  1. untuk buat banyak gauge pakai for? atau ada method lain?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. kalau untuk buat banyak tetapi datanya masing masing dibuat sendiri sendiri mas

      Delete

close