MIT APP INVENTOR

   Buat pencinta Android saya coba share web yang dapat digunakan untuk membuat Aplikasi berbasis android, yaitu APP Inventor. Aplikasi ini jauh lebih mudah untuk kita kita yang baru belajar membuat aplikasi android karena aplikasi ini berbentu code block yang telah disediakan dan lebih mudah dipahami untuk para pemula seperti saya. Kalau anda pernah membaca postingan saya mengenai bloetooth HC-05 saya kombinasikan penggunaan hardware dengan aplikasi bluetooth yang saya buat sendiri menggunakan MIT APP inventor ini. Website resmi app inventor sendiri ada disini.

Kira kira seperti ini tampilannnya :


  Selain bisa diakases secara online applikasi ini juga dapat diinstall dikomputer kita secara offline, dimana seseorang bernama Hossein Amerkashi menyediakan package untuk offline installernya dan beliau juga menulis tentang APP inventor ini di blognya yang dapat diakses disini. Untuk menginstall aplikasi ini anda membutuhkan 3 buah bahan yaitu :

1. Java JDK 1.0.7_79 (ini yang saya gunakan) yang bisa di download disini
2. Aistater yang bisa di download disini
3. Package dari Hossein Amerkashi (thanks to him) bisa di download disini

Langkah Penginstallan :

  1. Install Java JDK terlebih dahuludari website resminya kemudian pilih java yang sesuai dengan OS sobat semua ( kalau saya menggunakan windows 7 - 32 bit jadi pergunakan x86).
  2. Install Java JDK hingga selesai kemudian atur environment variable dengan cara klik kanan pada Computer > Properties > Advance System Settings > Environment variables
  3. Maka Akan tampil jendela seperti berikut ini : 
  4. Pilih Edit, kemudian isikan "JAVA_HOME" pada variable name, dan C:\Program Files\Java\jdk1.0.7_79 karena saya menginstall Java di Program Files, sesuaikan dengan direktori dimana anda menginstall Java bila anda mengubah lokasi direktori java saat menginstallnya. maka selesailah proses penginstallan JAVA JDK
  5. Langkah selanjutnya adalah penginstallan AIstater hingga selesai tetapi tidak perlu anda jalankan terlebih dahulu.
  6. Selanjutnya download package yang telah disediakan oleh Hossein Amerkashi dan extract file tersebut di direktori C: sehingga akan terlihat seperti ini


Selesailah sudah proses penginstallannya.

Langkah menjalankan Program :

1. Buka Folder Ai2LiveComplete dan jalankan WinStart AIServer dan WinStartBuildServerWithHeap
2. Buka Browser anda dan isikan pada box url : Localhost:8888 maka akan tampil seperti ini :


    Anda dapat mengisikan alamat email anda dan Centang Sign in as Administrator kemudian tekan Login dan anda dapat mulai membuat sebuah project. sehingga akan terlihat seperti gambar berikut :


Setelah mencoba aplikasi ini yang sedikit mengganggu adalah harus menjalankan WinStart AIServer dan WinStartBuildServerWithHeap secara terpisah sehingga saya membuat sebuah patch untuk menjalankan secara otomatis keduanya silahkan di download  disini kemudian letakan file tersebut di folder Ai2LiveComplete dan setiap kali anda akan menggunakan App inventor cuku melakukan double klik pada Run Server saja.

Semoga bermanfaat Happy Coding :)





MIT APP INVENTOR MIT APP INVENTOR Reviewed by cahyohertanto on June 12, 2015 Rating: 5

No comments:

close