ESP8266

    IoT (Internet Of Things) semakin berkembang seiring dengan perkembangan mikrokontroler, module yang berbasiskan Ethernet maupun wifi semakin banyak dan beragam dimulai dari Wiznet, Ethernet shield hingga yang terbaru adalah Wifi module yang dikenal dengan ESP8266. ESP8266 adalah wifi module dengan output serial TTL yang dilengkapi dengan GPIO, dengan harga sekitar 80 ribu rupiah wifi module ini dapat dipergunakan secara standalone maupun dengan mikrokontroler tambahan untuk kendalinya. Ada beberapa jenis ESP8266 yang dapat ditemui dipasaran, namun yang paling mudah didapatkan di Indonesia adalah type ESP-01,07,dan 12 dengan fungsi yang sama perbedaannya terletak pada GPIO pin yang disediakan. Berikut beberapa tipe ESP8266




Tegangan kerja ESP-8266 adalah sebesar 3.3V, sehingga untuk penggunaan mikrokontroler tambahannya dapat menggunakan board arduino yang memiliki fasilitas tengangan sumber 3.3V, akan tetapi akan lebih baik jika membuat secara terpisah level shifter untuk komunikasi dan sumber tegangan untuk wifi module ini. banyak sumber dokumentasi mengenai module wifi ini, diantaranya adalah :


Karena wifi module ini dilengkapi dengan Mikrokontroler dan GPIO sehingga banyak orang yang mengembangkan firmware untuk dapat mengunakan module ini tanpa perangkat mikrokontroler tambahan.Firmware yang digunakan agar wifi module ini dapat bekerja standalone adalah Node MCU yang dapat anda pelajari lebih lanjut di website resminya disini, atau di wikipedia, sedangkan untuk mengetahui cara melakukan flashing pada module ini anda dapat mengunjungi website ini.

Dengan menggunakan node MCU anda dapat membuat code untuk wifi module ini dalam bentuk LUA sehingga GPIO yang tedapat pada wifi module ini dapat dipergunakan sesuai dengan keinginan anda. Jika anda ingin mencoba membuat proyek wifi module berbasis LUA anda dapat mengunjungi website ini.

Selain dengan Node MCU kita dapat menggunakan module ini dengan Arduino maupun mikrokontroler lainnya untuk menjaga kestabilan komunikasinya. menurut beberapa artikel yang telah saya baca ada beberapa ketidakstabilan komunikasi setelah melakukan flashing ulang module ini, sehingga saya lebih suka menggunakan kontroler tambahan untuk pengaturan I/O. Dengan menggunakan ATcommand untuk komunikasinya kita dapat menggunakan module ini sebagai webserver maupun client seperti pada video berikut ini.



Semoga Bermanfaat.
















ESP8266 ESP8266 Reviewed by cahyohertanto on June 29, 2015 Rating: 5

No comments:

close