PHP-GET untuk mengambil data dari WEB Browser


     Kali ini saya akan membahas cara mengambil data dari web browser dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP. Pada PHP terdapat 2 metode untuk mengambil data via web browser yaitu metode GET dan metode  POST. Kedua metode ini mempunyai fungsi yang berbeda namun kali ini saya akan membahas tentang metode GET dahulu. Metode GET digunakan untuk mengambil data URL yang diketikkan melalui web browser. Sebelum membahas lebih lanjut pastikan terlebih dahulu komputer anda telah terinstall XAMPP, WAMP, atau AppServ. Kalau saya lebih memilih AppServ karena lebih ringan saja akan tetapi itu semua tengantung kebutuhan anda. Setelah terinstall AppServ bukalah notepad untuk mulai membuat code PHP, untuk pembuatan code ini saya lebih suka mengunakan notepad++ atau sublime text.

Kalau Appserv sudah terinstall coba anda buka webrowser anda kemudian ketikan pada url localhost sehingga akan tampil seperti gambar berikut:


Ini menandakan komputer anda sudah dapat difungsikan sebagai server lokal, kemudian bukalah windows explorer pada komputer dan bukalah drive dimana anda menginstall APPServ kalau saya berada pada drive C:


Masuklah kedalam folde AppServ, dalam folder AppServ terdapat folder www 


Buatlah sebuah folder dengan nama anda atau nama lainnya pada folder www sehingga tampilannya akan seperti ini


Pada C:\AppServ\www\ ini terdapat file index.php yang bila kita buka akan sama tampilannya dengan browser yang alamat urlnya diisikan dengan localhost, yang akan kita lakukan berikutnya adalah membuat program index.php untuk mengambil data url untuk itu bukalah notepad dan isikan kode berikut ini :
1:  <html>  
2:  <head>  
3:  <title> PHP Tutorial </title>    
4:  </head>  
5:  <body>  
6:  <h1>Welcome </h1><?php echo $_GET["n"]; ?><br>   
7:  </body>  
8:  </html>  



kemudian simpanlah kode tersebut di dengan nama index.php di C:\AppServ\www\(nama folder anda )\index.php.

Setelah disimpan dalam bentuk index.php sekarang buka kembali web browser anda dan ketikan pada url localhost/(nama folder anda tempat menyimpan index.php)/ (kalau saya localhost/cahyo/)


sekarang ketikan pada alamat url di web browser anda  localhost/(nama folder anda tempat menyimpan index.php)/?n=(nama anda) dalam hal ini saya mengisikan nama saya  n= Cahyo sehingga didapat tampilan seperti berikut :


Metode GET  pada php dapat dipergunakan untuk mengambil data dari url yang telah diset sebelumnya dari web browser untuk disimpan pada database, namun kelemahannya perintah pengambilan data tersebut dapat terlihat sehingga secara keamanan data menjadi sangat berkurang. Fungsi GET pada PHP ini dapat dipergunakan untuk aplikasi sederhana yang tidak begitu memperdulikan keamanan data semisal pemantauan temperature ruangan berbasiskan web. 
Semoga tutorial diatas bisa bermanfaat untuk anda.





PHP-GET untuk mengambil data dari WEB Browser PHP-GET untuk mengambil data dari WEB Browser Reviewed by cahyohertanto on June 26, 2015 Rating: 5

No comments:

close