Membuat Aplikasi Android dengan APP Inventor

Tutorial ini berisi cara membuat Android app dengan APP inventor, Aplikasi ini adalah aplikasi sederhana untuk belajar cara menggunakan jendela designer dan jendela block designer pada App inventor dan sisanya bergantung pada logika dan kreatifitas anda sendiri. Kita langsung saja belajar membuatnya sebelumnya buka dahulu APP inventor, kemudian pada jendela designer drag button dan label pada screen 1 seperti gambar berikut :



Atur warna, jenis teks, warna teks dan yang lainnya sesuai keinginan anda, Ganti nama button dan kosongkan text label. setelah selesai dengan jendela designer, pilih block designer  sehingga akan tampil seperti gambar berikut :


Pada jendela block designer pilih button Click dan long click lalu drag pada viewer, selanjutnya pilih label1 set label1 text to dan drag ke jendela viewer dan pasangkan pada button click dan long click seperti gambar berikut :




Setelah seluruh blok lengkap kemudian pilih build dan simpan pada komputer 



Setelah proses kompilasi selesai maka apk akan disimpan pada komputer anda, pindahkan apk pada sdcard untuk diinstall pada gadget. kemudian install dan jalankan apk tersebut sehingga akan tampil seperti gambar berikut ini :



Jika tombol Press Me ditekan Maka akan Tampil tulisan "Hello World", dan bila tombol Press Me ditekan selama 1 detik maka akan tampil tulisan "Goodbye". Semoga bermanfaaat .... happy coding

Membuat Aplikasi Android dengan APP Inventor Membuat Aplikasi Android dengan APP Inventor Reviewed by cahyohertanto on June 23, 2015 Rating: 5

No comments:

close