Updating ESP firmware using cURL in Linux

Setelah lama, belum sempat update blog kali ini saya akan mencoba share cara mengupdate firmware pada esp8266 di Linux menggunakan command pada terminal Linux. Saat ini saya mempergunakan Linux Mint pada laptop saya. Sebelum kita melakukan upload firmware dengan mempergunaan perintah cURL silahkan buka example code SecureWebUpdater pada Arduino IDE anda, silahkan anda upload code tersebut pada nodemcu ataupun wemos d1 mini anda.




Setelah proses upload selesai pastikan anda menekan tombol reset pada nodemcu ataupun pada wemos D1 mini anda ,setelah itu dapat mengakses via browser dengan mengetikkan pada url box 
http://esp8266.local/firmware maka akan tampil webpage untuk memilih file dan melakukan update
tetapi mungkin tampilannya akan berbeda dengan gambar berikut karena saya telah melakukan modifikasi pada librarynya.




Hal yang terpenting untuk kita mengetikkan cURL command ada pada bagian ini dari example code

const char* host = "esp8266";
const char* update_path = "/firmware";
const char* update_username = "admin";
const char* update_password = "admin";

Langkah selanjutnya adalah membuat binary file dari example code yang ada, dengan cara memilih menu Sketch >> Export compiled Binary dan file binarynya dapat anda temukan pada folder Arduino >> SecureWebUpdater >>SecureWebUpdater.ino.nodemcu.bin  kemudian copy binary file tersebut ke folder home anda dan ubah namanya agar lebih simple, saya mengubahnya menjadi a.bin.



Jika telah selesai, buka terminal pada linux anda dengan menekan tombol CTRL + ALT + T, kemudian berikut adalah command curl nya :

curl -u 'username:password' -F 'file=@/file path' 'http://destination url'

pada Example code :

const char* host = "esp8266";
const char* update_path = "/firmware";
const char* update_username = "admin";
const char* update_password = "admin";

curl -u 'admin:admin' -F 'file=@/home/cahyo/a.bin' 'http://esp8266.local/firmware'




Jika proses update selesai maka nodemcu/wemosd1 akan melakukan reset otomatis. untuk memudahkan anda dalam proses upload anda dapat membuat bash script untuk melakukan proses ini.

Semoga bermanfaat.





Updating ESP firmware using cURL in Linux Updating ESP firmware using cURL in Linux Reviewed by cahyohertanto on March 04, 2019 Rating: 5

No comments:

close