How to gain ESP32 Signal Strength with Antenna Mod

ESP32 memiliki signal Strength lebih kuat dari ESP8266, namun setelah beberapa kali mempergunakan ESP32 saya behasil memodifikasi antena esp32 untuk mendapatkan penguatan kurang lebih 7dBm pada signal ESP32 sebagai AP maupun sebagai STA. Dibeberapa video tutorial yang ada di youtube dengan menambahkan kawatpun pernah saya coba namun hasilnya belum memuaskan, sehingga saya memodifikasi sendiri antena internal ESP32 tanpa harus menambahkan kawat apapun.

ESP32 sendiri menggunakan Antenna IFA yang sumbernya bisa anda baca sendiri di disini. Atau  anda dapat lihat seperti gambar berikut :



Selanjutnya kita menuju tahap modifikasi Antenna ESP32 agar didapatkan penguatan sebesar kurang lebih 7dBm, untuk pengecekan kuat signal sebelum dan sesudah modifikasi anda dapat menggunakan aplikasi di smartphone dengan nama wifi analyzer atau anda dapat menggunakan ESP32 lain dengan menggunakan example Wifi Scanner. Pertama tama isikan program WiFiAccessPoint pada ESP32 yang hendak kita modifikasi antenanya, jika anda menggunakan aplikasi WiFi Analyzer anda dapat membuka aplikasinya periksa berapa besar kuat sinyal ESP32 yg terbaca pada aplikasi wifi analyzer.
 




Pada WiFi analyzer terbaca signal strength ESP32 sebesar -38dBm, pastikan posisi hp anda dan ESP32 pada jarak yg sama untuk memastikan besar kuat sinyal pada posisi yang sama. Berikutnya adalah memodifikasi antenna ESP32 disini saya menggunakan cutter untuk melakukan modifikasi seperti berikut ini :







Setelah itu periksa kembali pada wifi analyzer dengan jarak antara smartphone dan ESP32 sama seperti saat sebelum melakukan modifikasi, disini pada wifi analyzer signal strength setelah modifikasi antena terbaca -29dBm




jadi dengan memodifikasi antenna internal pada ESP32 saya dapatkan penguatan lebih kurang sekitar -7 sampai -9dBm.


Semoga bermanfaat.







How to gain ESP32 Signal Strength with Antenna Mod How to gain ESP32 Signal Strength with Antenna Mod Reviewed by cahyohertanto on June 04, 2020 Rating: 5

No comments:

close